BLOG MEDIA DOKUMENTASI

Mr Bams

ISHOMA (Istirahat, Sholat, Makan), sebuah istilah yang sering terukir di jadwal atau agenda kegiatan seperti pelatihan atau workshop, seminar, dan kegiatan ilmiah lainnya, atau kegiatan kegiatan  lain. Amir salah seorang peserta pelatihan pembuatan blog sambil membawa map keluar bersama peserta lainnya dari ruangan menuju tatanan makanan dan minuman yang sudah tertata rapi di depan ruangan. Makanan dan minuman yang baris rapi seakan menunggu giliran diambil sang tuan yang lagi lapar. Diambilnya sepiring nasi soto dan segelas teh hangat.

 

“Gimana Mir pelatihan tadi ?” tanya Arif yang juga sedang makan di sampingnya. “Masih bingung Rif,” jawab Amir sambil menguyah makanan.

“Sebenarnya aku pernah membaca buku tentang hal tersebut, “lanjut Amir. Dengan penasaran dan sambil minum teh Arif bertanya, “Tentang apa Mir ?”.

“Ya tentang apalagi kalau bukan blog, buku itu berisi tentang pembuatan blog dan wordpress,”lanjut Amir.

Amir menceritakan isi buku yang pernah ia membacanya. Tapi ia hanya sekadar membaca dan tidak pernah mencoba membuat. Sebenarnya banyak keuntungan yang diperoleh jika mempunyai blog. Apalagi mempunyai lebih dari satu jenis blog, seperti blogspot dan wordpress. Dalam buku itu, kata Amir bahwa Pak Bambang Purwanto (Seorang Pakar Wordpress) menulis keuntungan mempunyai blog yaitu sebagai media dokumentasi pengalaman, hobi, pekerjaan, dan latar belakang kehidupan.

 

Ishoma telah selesai, Amir dan Arif memasuki ruangan pelatihan untuk mengikuti materi lanjutan. Untuk kali ini materinya praktik pembuatan blog yang mencakup blogspot dan wordpress. Peserta pelatihan terbagi dalam kelompok dan kebetulan Amir dan Arif satu kelompok. Tiap kelompok diwajibkan membuat blogspot dan wordpress. Amir mendapat tugas membuat blogspot dan Arif  mendapat tugas membuat wordpress.

 

Dengan semangat ingin bisa, mereka membuka materi tentang pembuatan blog. Langkah demi langkah diikuti dan akhirnya berhasillah dibuat blognya.

“Alhamdulilah Mir, aku sukses membuat blog,” kata Arif dengan wajah ceria.

“Saya juga berhasil Rif,” jawab Amir yang juga ceria.

“Apa Mir yang akan kamu tulis di blogmu ?,” tanya Arif sambil menggeser tempat duduknya melihat blog yang sudah berhasil dibuat Amir.

“Saya menulis tentang pengalaman pribadi saat mengikuti pelatihan saja Rif, “jawab Amir sambil melihat laptopnya yang sejak pagi menyala menemani dia dengan jemari di atas keyboard.

“Kutulis hobi aja Mir”, jawab Arif sambil tangannya mengambil snack yang ada di samping mejanya.  “Kamu tadi kan bilang  di buku yang pernah kau baca, bahwa Pak Bambang Purwanto (Seorang Pakar Wordpress) menulis keuntungan mempunyai blog yaitu sebagai media dokumentasi pengalaman, hobi, pekerjaan, dan latar belakang kehidupan,” lanjut Arif mengingatkan Amir tentang hal-hal yang dibicarakan saat ishoma.


 Sepulang dari pelatihan Amir mencari buku tentang blog yang pernah ia baca. Ternyata buku yang dimaksud telah menanti lama di rak buku dalam kamarnya. Amir semakin rajin mempelajari buku tersebut lebih dalam. Ia menemukan kalimat kalimat tulisan Mr Bams (panggilan Bapak Bambang Purwanto) bahwa mengelola blog harus dengan konsisten, belajar tekun, rajin berlatih, dan sabar mendapat kesulitan. Karena blog dapat menunjang membuat buku dan  aktivitas belajar lain. 

 

Komentar

  1. Cepat sekali bikin resumnya pak, dah jadi penulis hebat.salam literasi

    BalasHapus
  2. Mantaaap resume tercepat yg lahir malam ini, sukses pak...

    BalasHapus
  3. Luar biasa...mulai cari cara lain bikin resume yang menarik...selamat sudah berkreasi. Mungkin hanya penulisan kata saja yg saya temukan. Inijuga pesan dari mazmo....sekedar# sekadar

    BalasHapus
  4. Mantap...
    Kish resume yamg selalu menarik

    BalasHapus
  5. Mantap. Tulisan renyah. Tip biar cepat tayang bagaimana ya Pak Ahsan?

    BalasHapus
  6. Balasan
    1. makasih Mister Bams atas kunjungannya, salam sukses selalu

      Hapus
  7. Mantap pak Ahsan langsung resume, lengkap lagi,

    BalasHapus
  8. makasih semua sudah mampir,,,sukses selalu

    BalasHapus
  9. Wah, ini ya yang resume tercepat! 😁
    Keren Pak, mantap banget.
    Cuma sekadar saran, ada yang perlu diperbaiki dalam penulisan kalimat langsungnya, Pak.
    Penempatan koma, titik, tanda kutip, perlu diperhatikan lagi.
    Mungkin lebih bagus sambil membaca buku-buku fiksi lainnya, Pak.

    Oke, sukses selalu Pak! Ditunggu resume berikutnya.

    BalasHapus
  10. sedang asyik baca kok cerpennya udahan...

    BalasHapus
  11. Serasa minum es degan...👍😊

    BalasHapus
  12. Semakin mantap resumenya, Pak. Sekadar masukan selain pemakaian tanda baca, perlu juga diperbaiki tentang penulisan kata dalam bahasa asing, seharusnya dicetak miring. Tabik.

    BalasHapus
  13. makasih masukannya...salam sukses selalu

    BalasHapus
  14. Mantap pak. Kombinasi ke cerpen memang beda rasa ...

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENGAPA HARUS MENULIS

SURGALAH UPAHNYA

KATA ADALAH SENJATA

PANDEMI MEMBAWA BERKAH

MENULIS SEMUDAH UPDATE STATUS

MIRIP SINYAL GAWAI

PUCUK DICINTA ULAM TIBA

TIADA KATA TERLAMBAT

SANTRI SEHAT INDONESIA KUAT