ASYIKNYA BERSELANCAR DENGAN KELAS VIRTUAL GOOGLE CLASSROOM


  

  

http://gurupenggerakindonesia.com 

Berbagai macam cara dilakukan manusia untuk mempermudah pekerjaan. Seolah tidak pernah merasa lelah memeras otaknya untuk kepentingan pemenuhan hajat hidupnya. Penelitian penelitian dilakukan dengan berbagai macam disiplin ilmu dilibatkan dalam rangka mencari jalan keluar yang tercepat dari masalah yang sedang dihadapi. Persiangan antar kelompok dan bangsa dalam memperebutkan hasil kadang sering terjadi. Terjadinya hal tersebut tidak lepas dari adanya kepentingan penguasaan pasar dunia atas pencapaian hasil penelitian.

Dunia seolah tidak mau bersahabat dengan manusia. Fenomena alam yang terjadi silih berganti seakan berkata “Wahai manusia ayo teruslah berkarya mencari jalan keluar dari tantanganku ini”. Tantangan global selalu muncul dengan berbagai macam model dan dengan pemecahan yang berbeda pula. Sesama anak manusia saling belajar dan mengajar. Ilmu-ilmu baru yang berkembang dari hasil penelitian seakan ingin segera dipelajari dan diajarkan ke anak manusia lain melalui bidang pendidikan.

Berbagai macam metode dan cara di bidang pendidikan dicari untuk memudahkan mentransfer ilmu, terutama ilmu ilmu mutakhir. Perkembangan pendidikan dari satu periode ke periode berikutnya sangatlah menuntut pendidik agar bisa mengikuti dan mengimbangi arusnya. Karena jika tidak, maka yang terjadi adalah kegagalan dalam pengalihan ilmu ke peserta didik.

Model dan cara mentransfer  ilmu di dunia pendidikan yang berbeda tiap tahun tentunya merupakan pasar yang baik bagi penguasa perangkat keras dan lunak bidang IT.  Tantangan demi tantangan dihadapi bidang IT untuk mencari jalan keluar agar transfer  ilmu dengan cepat dan mudah. Kecepatan dan kemudahan akses ilmu merupakan tujuan utama bidang IT, disamping bagaimana peserta didik dengan senang dan terdorong tanpa adanya rasa bosan untuk belajar ilmu-ilmu baru.

Teknologi terkini pembelajaran

Kualitas hidup manusia ingin selalu berjalan beriringan perkembangan zaman. Berbagai metode dan cara diciptakan untuk memudahkan transfer  ilmu. Alat materi dan landasan teori yang merupakan teknologi pembelajaran dan pengajaran setiap dekade bisa berubah sesuai dengan pola pikir anak manusia. Berbagai desain teknis dan  media dalam proses belajar mengajar ditawarkan teknologi pembelajaran.

Media atau teknologi pembelajaran perangkat keras seperti : kamera digital, kamera video, kamera dokumen, media elektronik, dan proyektor LCD dapat terkombinasi dengan perangkat lunak kolaboratif, blog, dan ruang kelas virtual.

Berselancar dengan Google Classroom

Google classroom merupakan salah satu aplikasi kelas virtual yang disediakan google untuk memudahkan pelajar dan pengajar bisa saling mengirimkan pemikiran, ide, materi dan pendapatnya. Pendidik  dapat membuat tugas dan materi untuk peserta didik. Peserta didik dapat mengumpulkan tugasnya dan langsung bisa melihat hasilnya. Di google classroom juga bisa berbagi file antara pendidik dan peserta didik.

Pendidik bisa mendisiplinkan waktu belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran karena di google classroom disediakan pengaturan untuk hal tersebut. Pendidik bisa mengkolaborasikan google classroom dengan berbagai macam aplikasi yang sudah tersedia. Materi bisa di link youtube, latihan soal bisa di link google form, dan link-link lain yang berkaitan dengan keperluan pendidik. Pendidik diberi kebebasan berselancar dengan adanya aplikasi google classroom sebagai salah satu aplikasi kelas virtual.

Google classroom sebagai aplikasi bawaan google tentunya tetap ada keuntungan dan kerugian. Diantara keuntungannya adalah : cukup men- download dari playstore untuk gawai atau google untuk laptop, mengurangi penggunaan kertas, dan bisa diakses 24 jam sesuai kebutuhan.

Kerugiannya adalah : tidak semua gawai bisa akses, terkendala jaringan, dan kurangnya ikatan emosional pendidik dengan peserta didik.

Tantangan demi tantangan di dunia pendidikan terus akan berjalan. Pendidik, sangat dituntut untuk selalu meng-upgrade kemampuan. Pendidik tidak lagi sebagai sumber ilmu tapi pendidik sudah beralih fungsi sebagai motivator dan inspirator bagi peserta didik. Karena trasnfer  ilmu akan berjalan sesuai tujuan, jika peserta didik menyenangi baik dari segi akses maupun mutu dari ilmu tersebut.

 

 

REFERENSI

 

Tekno.kompas.com, (2020, 14 Juli), Begini Cara Menggunakan Google classroom untuk Belajar dari Rumah. Diakses pada tanggal 19 Oktober 2020, dari https://tekno.kompas.com/read/2020/07/14/13200017/begini-cara-menggunakan-google-classroom-untuk-belajar-dari-rumah?page=all

Kompasianan.com, (2020, 22 Oktober), Hubungan Teknologi dengan Proses Pembelajaran. Diakses pada tanggal 19 Oktober 2020, dari https://www.kompasiana.com/ehajulaeha/5bce01b8c112fe210e3813e6/hubungan-teknologi-dengan-proses-pembelajaran




PROFIL

 

Nama : AHSANUDDIN, S.Pd, M.MPd

Dilahirkan di kota Jombang, tepatnya Desa Bulurejo, RT. 011, RW. 002 Kec. Diwek Kab. Jombang, pada tanggal 10 Oktober 1975. Merupakan anak ke tiga dari enam bersaudara dari pasangan Moh. Sholeh dan Sri Nasifah. Menempuh pendidikan dimulai dari MI Al Urwatul Wutsqo Bulurejo (lulus tahun 1989), MTs Al Urwatul Wutsqo Bulurejo (lulus tahun 1992), MA Al Urwatul Wutsqo Bulurejo (lulus tahun 1995), STKIP PGRI JOMBANG (lulus S1 Pendidikan Matematika tahun 1999),  Universitas Negeri Malang (lulus S1 Pendidikan Kimia tahun 2003) dan STIE Indonesia Malang (lulus S2 Magister Manajemen Pendidikan tahun 2013). Penulis adalah guru PNS mata pelajaran IPA di MTsN 2 Jombang, yang mempunyai hobby membaca dan bertanam. Mempunyai cita-cita  agar hidupnya bermanfaat bagi orang di  sekitarnya, agama , bangsa dan negara. Menjadi orang yang sukses di  dunia dan akhirat.

 

 

 

 

 

 

 

 

Komentar

  1. Wah mantaap bapak ada kemauan untuk menulis ini, segi isi sudah bagus, ada sedikit saja masukan maaf kalu ini salah, penulisan kata ulang baiknya memakai -
    Kemudian ada istilah
    Proses pembelajaran pengajaran
    Yang sudah umum proses belajar mengajar
    Mohon maaf bila memang istilah itu sudah updated
    Kita saling belajar satu sama lain..
    Semangat pak, salam takjub..

    BalasHapus
  2. Makasih masukannya,, salam sukses selalu

    BalasHapus
  3. Terima kasih sdh mengerjakan tugasnya dengan baik

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENGAPA HARUS MENULIS

SURGALAH UPAHNYA

KATA ADALAH SENJATA

PANDEMI MEMBAWA BERKAH

MENULIS SEMUDAH UPDATE STATUS

MIRIP SINYAL GAWAI

PUCUK DICINTA ULAM TIBA

BLOG MEDIA DOKUMENTASI

TIADA KATA TERLAMBAT

SANTRI SEHAT INDONESIA KUAT