SEPERTI KAPAL LAYAR

 

Dari goolge

Pernahkah Anda melihat kapal layar? Tentu jawabnya pernah. Kenapa disebut kapal layar? Yang jelas di kapal itu ada layar. Layar yang harus bekerja sama dengan angin agar kapal bisa berjalan mengarungi lautan.

Apa cukup layar dan angin saja agar kapal bisa berlayar? Tidak! Ada apa selainnya?

Selain layar dan angin ada nahkoda kapal. Nahkoda yang berperan mengarahkan kapal ke tujuan ke mana kapal nanti bersandar.

Peran nahkoda kapal sangat penting dalam mengendalikan ke mana arah kapal. Tapi nahkoda kapal tidak berarti tanpa ada penumpang. Penumpang yang mengharapkan ke nahkoda tentang tujuan kapal bersandar.

Penumpang tidak berarti tanpa adanya kapal. Kapal sebagai tempat penumpang agar selamat sampai tujuan saat mengarungi lautan luas. Kapal tidak akan berguna tanpa adanya hamparan luas air laut. Air laut sebagai lalu lintas kapal. Air laut tanpa arti sebagai lalu lintas tanpa adanya kapal.

Dalam hidup ini tidak ada kemandirian total. Tetap membutuhkan antar sesama manusia. Tidak ada yang lebih penting dan merasakan dipentingkan. Tidak ada yang lebih rendah dan merasa direndahkan.

Siklus hidup pasti terjadi. Yang tinggi sewaktu-waktu menjadi rendah dan yang rendah menjadi tinggi. Tinggal kapan takdir itu terjadi. Manusia harus tetap berusaha tanpa mengesampingkan arti orang sekitarnya.

Kaya miskin, tua muda, prestasi dan tidak prestasi, itu semua akan dialami oleh setiap insan. Kesadaran hati yang akan menyeimbangkan kehidupan. Kesadaran akan arti perannya. Perannya yang sangat menentukan nasib sesama.

Semoga kita bisa mengambil hikmah atas peran yang sedang dijalankan. Jangan pernah membebani sesama sebagai benalu dalam keseimbangan kehidupan. Salam super

Komentar


  1. Setuju sama tulisan bapak, masing2 kita adalah nahkoda kapal. Mantap pak

    BalasHapus
  2. Makasih para senior atas kunjungan dan komentnya,, sukses selalu

    BalasHapus
  3. Camilan pagi yang angat bagus pak Ahsan, sangat setuju saya pak, keren.

    BalasHapus
  4. Super kiwer-kiwer cak Ahsan joz lanju. manusia slg mengisi dan memberi. Sebaik-baiknya manusia adalah betmanfaat bg orang lain.

    Bukan merasa di atas atau di bawah. Slg mengisi

    BalasHapus
  5. Makasih para senior,, sukses buat semua

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENGAPA HARUS MENULIS

SURGALAH UPAHNYA

KATA ADALAH SENJATA

PANDEMI MEMBAWA BERKAH

MIRIP SINYAL GAWAI

MENULIS SEMUDAH UPDATE STATUS

PUCUK DICINTA ULAM TIBA

BLOG MEDIA DOKUMENTASI

TIADA KATA TERLAMBAT

SANTRI SEHAT INDONESIA KUAT