TONG KOSONG

Tong kosong nyaring bunyinya. Itulah kalimat peribahasa bagi insan yang bisa bicara tanpa ada bukti nyata.

Kehidupan ini makin dinamis. Tidak ada yang bisa menghentikan sedetik pun. Hanya Dzat Yang Maha Kuasalah kehidupan ini bisa diakhiri. Perkembangan keilmuan yang semakin maju dengan berbagai macam bentuk dan hasil membuat manusia semakin merasa bisa mengatasi permasalahan. Tapi kadang anak manusia juga bingung jika dihadapkan dengan perubahan etika dan moral.

Perubahan etika dan moral anak manusia juga semakin mengikuti trend yang ada. Sportifitas dalam persaingan kadang sudah tidak lagi diindahkan. Etika kejujuran yang sekarang sudah mulai bergeser dan berubah menjadi gesekan yang semakin panas.

Anak manusia mulai bersaing adu argumen tanpa ada bukti nyata. Argumen yang membuat bingung bagi penganutnya.

Mereka semakin pandai dan cerdas memainkan dan memadukan kata untuk sebuah kepentingan. Kepentingan apa itu? Yang jelas kepentingan hawa nafsu. Na’udzubillah.

Anak manusia dengan berbagai kepentingan suka mengajak tanpa ada bukti nyata bagaimana penerapannya. Penerapan nyata yang sangat diharapkan oleh penganutnya. Penganut akan merasa simpatik dan mungkin langsung melaksanakan bila ada bukti atas ajakan.

Sebenarnya manusia sudah sangat mengerti kalau bukti itu penting. Tapi kenapa? Mereka telah kalah dengan hawa nafsunya. Hawa nafsu yang terkendali oleh setan sang penggoda utama manusia.

Manusia tidak merasa dirinya terbuai dalam mimpi indahnya. Mimpi yang keluar dari jalur yang telah ditentukan oleh Sang Kholiq Allah. Manusia semakin asyik dan merasa sudah benar atas apa yang diperbuatnya. Pada hal hanya omongan doang yang sudah mereka perbuat.

Omongan yang hanya bisa diibarakan seperti tong kosong nyaring bunyinya. Omongan yang tanpa ada bukti nyata.

Tapi sudah baiklah ada yang mengajak kepada kebaikan. Semoga ada bukti nyata atas omongan yang telah diucapkan.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENGAPA HARUS MENULIS

SURGALAH UPAHNYA

KATA ADALAH SENJATA

PANDEMI MEMBAWA BERKAH

MIRIP SINYAL GAWAI

MENULIS SEMUDAH UPDATE STATUS

PUCUK DICINTA ULAM TIBA

BLOG MEDIA DOKUMENTASI

TIADA KATA TERLAMBAT

SANTRI SEHAT INDONESIA KUAT